BUKA PUASA BERSAMA DAN BERBAGI TAKJIL

Seperti yang kita ketahui agama islam mempunyai lima rukun islam yang salah satunya ialah puasa, yang mana puasa termasuk rukun islam yang keempat. Karena puasa itu termasuk rukun islam, semua umat islam wajib melaksanakannya.

Puasa pada bulan ramadhan adalah wajib , seperti pada QS.Al-baqoroh Ayat 183 yang artinya :

“Wahai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kalian untuk berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kalian agar kalian bertakwa, (yaitu) dalam beberapa hari yang tertentu. Maka, barang siapa di antara kalian sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggalkan itu pada hari-hari yang lain. Wajib bagi orang-­orang yang berat menjalankannya, (jika mereka tidak berpuasa), membayar fidyah, (yaitu) memberi makan seorang miskin. Barangsiapa yang mengerjakan kebajikan dengan kerelaan hati, itulah yang lebih baik baginya. Berpuasa lebih baik bagi kalian jika kalian mengetahui. (Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`an sebagai petunjuk bagi manusia, penjelasan-­penjelasan mengenai petunjuk itu, dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). Oleh karena itu, barangsiapa di antara kalian hadir (di negeri tempat tinggalnya) di bulan itu, hendaklah ia ber­puasa pada bulan itu, dan barangsiapa yang sakit atau berada dalam perjalanan (lalu berbuka), (dia wajib berpuasa) sebanyak hari yang ia tinggal­kan itu pada hari-hari yang lain. Allah meng­hendaki kemudahan bagi kalian, dan tidak meng­hendaki kesukaran bagi kalian. Hendaklah kalian mencukupkan bilangan (bulan) itu dan hendaklah kalian mengagungkan Allah atas petunjuk-Nya yang diberi­kan kepada kalian supaya kalian bersyukur.” [Al-Baqarah: 183-185]

Jika dicermati acara buka besama ini memiliki banyak sekali manfaatnya. Bukan hanya untuk sipelaku buka bersama saja tetapi juga manfaat untuk orang lain. Dengan adanya ajang untuk kumpul-kumpul hal ini seharusnya dimanfaatkan dengan baik untuk membuka jalan dalam berlomba-lomba dalam kebaikan dengan menjalankan kegiatan ibadah secara kolektif. Seperti melakukan kegiatan pengumpulan zakat fitrah yang lalu diserahkan kepada yang berhak menerimanya.

Dengan seperti ini tentunya kegiatan buka besama akan menjadi lebih bermanfaat dan diharapkan bisa terus ada disetiap tahunnya. Alangkah lebih baiknya juga jika momen buka bersama dibulan Ramadhan ditingkatkan kwalitasnya, supaya bisa dinikmati oleh jamaah yang lebih luas.

Sehubungan dengan program kerja Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) fakultas kesehatan masyarakat universitas abulyatama menyelenggarakan Buka Puasa Bersama dan Santunan Anak Yatim, yang di laksanakan di mushola kampus universitas abulyatama .

 

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *