Program ABDIMAS Penyuluhan Pencegahan Penularan Penyakit SCABIES & Penyuluhan Dampak GADGET

Tim Program ABDIMAS  Fakultas Kesehatan Masyarakat Universitas Abulyatama mengadakan penyuluhan tentang penyakit Scabies dan Penyuluhan dampak Gadget di Pesantren Modern Babun Najah Ulee Kareng Banda Aceh pada hari ini Kamis, 5 Desember 2019.

Penyakit  gudik dalam dunia medis disebut dengan skabies, yaitu salah satu penyakit kulit menimbulkan rasa gatal gatal di kulit terutama dirasakan pada malam hari yang kemudian akan muncul ruam-ruam pada kulit tersebut. Penyakit Skabies ini juga mudah menular dari manusia ke manusia , dari hewan ke manusia dan sebaliknya. Skabies mudah menyebar baik secara langsung melalui sentuhan langsung dengan penderita maupun secara tak langsung melalui baju, seprei, handuk, bantal, air yang masih terdapat kutu Sarcoptes.

Penyakit ini penyebabnya dipengaruhi sebab adanya tungau yang ukurannya kecil yang tak tampak oleh mata telanjang. Dimana tungau tersebut masuk kedalam bagian kulit dan membentuk sarangnya pada jaringan kulit. Penyakit scabies banyak diderita di tempat yang berkelompok seperti asrama, pesantren, dayah.

Selain itu juga kami melakukan penyuluhan dampak  bahaya menggunakan gadget pada anak-anak, di jaman sekarang ini banyak anak yang sudah mulai kecanduan gawai akan terbiasa mendapatkan kesenangan dengan pola satu arah. Mereka lebih suka bermain sendiri menggunakan gawai ketimbang bermain bersama teman-temannya.

Selain perkembangan interaksi sosial menjadi terhambat, kesenangan yang didapat dari kecanduan gadget juga dapat membuat anak-anak menghindar dari tanggung jawab dan tugas mereka.

“Ada orang tua memukul anaknya karena telah merusak hp-nya TETAPI tidak ada orang tua yang memukul hp-nya karena telah merusak anaknya”

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *